-neks7779neen-

Marhaban Ya Ramadhan…
Welcome Back, Terima kasih ya Allah…
Segenap Pengurus KBQ and keluarga besar PPRQ mengucapkan selamat menunaikan Ibadah Puasa, dan Ibadah Ramdhan Lainnya, semoga segala ampunan Allah, rahmat Allah, bisa tercurah ke kita semua… (kok kayak ceramah sih… wkwkw…) #galaupuasa

Posted by
neksneen

More

100 tahun berdirinya al-Munawwir

-neks7779neen-

Wowow
Mood nge-blog lagi…
Sudah lama memang, tak salah kan? Baru posting sekarang hehe
Cuma mau ngucapin,
“Selamat atas wisuda Madrasah Diniyiah Salafiah Tiga dan Lima Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak”
Semoga Ilmu yang didapat berkah dan manfaat, untuk diri sendiri dan orang lain, serta fiddini waddunya walakhirah.
Selamat juga, atas diwisudanya “PESERTA KHOTMIL QUR’AN BAIK BI AL-HIFDZI 30 JUZ, BI AN-NADZRI 30 JUZ, BI AL-KHIFDZI JUZ 30”
Semoga bisa mengamalkan ilmu yang didapatnya. Istiqomah nDeresnya. Amien.
Khaul Syaikh Hajj Munawwir Ibn Abdullah Rasyad yang Ke-72 juga bertepatan dengan 100 tahun berdirinya Pondok Pesantren al-Munawwir Krapyak Jogjakarta. Ya Allah, semoga anak cucu beliau bisa meneruskan perjuangannya, al-Qur’an semakin di cintai, semakin banyak di deres, dan juga diamalkan.
*tunggu post tentang Al-Munawwir ya… ^_^
Wa Allahu A’lam Bi Sahawwab

Posted by
neksneen

More

Welcome Back Q-sMaRt

-neks7779neen-

Yiha! Alhamdulillah atas Izin Allah, Keboen Batja Q-sMaRt buka lagi. Terhitung mulai awal Maret 2011, kita setia menemani hari-hari kalian dengan buku.
Perjalanan panjang, setelah setahun vakum karena sibuk kuliah, akhirnya dengan segala keterbatasan yang ada, kita membenahi semuanya dari awal lagi. Ada hal barukah di Q-sMaRt?
Tentu ajha, setelah bobo setaun kita buka dengan format yang baru. Dengan system yang berbeda, dan Alhamdulillah kita sudah memakai system digital library meski bukunya Cuma sedikit, n (meski kadang agak Eet… hehe).
Q-sMaRt hadir hanya karena saling pinjam antar teman, dari satu, dua buku, beranakhingga seratus lebih, Alhamdulillah, dan belum termasuk yang dalam bentuk E-book. Masih sedikit ya?
Memang, bukankah ini tanpa bantuan siapapun, benar-benar dari dana pribadi. Alhamdulillah kecintaan pada buku, berbuah manis, buku-buku kita tak Cuma kita yang baca, kita bisa meminjamkannya secara gratis.
Disini, kebanyakan berbentuk Novel, baik Teenlit, chicklit, atau semcam Novel Karya Om Tere liye. Novel anak-anak, Non Fiksi, Kitab, dan juga majalah-majalah anak, tabloid remaja, dsb.
Mereka bisa membaca gratis di tempat, bisa juga dibawa pulang setiap hari kamis dan harus dikembalikan setiap ahad, secara gratis! Gak ada bayar sepeserpun, kecuali denda keterlambatan atau kerusakan!
Full Music! Tentu ajha, yg punya juga suka dengerin music, n tiap ahad or hari libur, kita putarkan Film.
Biar waktu luang mereka tak sia-sia dengan rumpian menyakitkan, hehe… gaya. Tiap hari sekitar 20-30 remaja putrid memenuhi Jabbal Qubais. Dan tentu saja, sepuluh anak paling Istimewa yang selalu mewarnai Jabbal Qubais.
Keboen Batja Q-sMaRt berada di Komplek Pondok Pesantren Roudhotul-Qur’an Gedung Jabbal Abil Qubbais Lt.II Kamar No. 2. Desa Sirau Po.Box 01 Kemranjen Banyumas Jawa Tengan-Indonesia.
Buka setiap hari jam 13.00-15.30 WIB
Peminjaman Setiap Hari Kamis dan Wajib dikembalikan Setiap Hari Ahad.
Peminjaman Gratis dengan menunjukan KTS yang masih berlaku, dan dikenakan biaya peminjaman jika tanpa KTS (masyarakat sekitar)
Buku bukan Cuma bacaan ringan tanpa makna, carilah setitik ilmunya diantara ribuan katanya. Happy Reading.

Posted by
neksneen

More

Apakah Menulis Itu Penting

-neks7779neen-

Entah Mengapa sebenarnya malas sekali mau buka blog, tapi aneh.
Hanya gara-gara polling becandaan yang dilakukan salah satu group di sebuah situs jejaring social, tangan ini menulis.
Terima kasih Ya Allah, atas segala Kasih Sayang yang tak berbatas.
Begini pertanyaan polling itu, “Apakah menulis itu Penting”
Pertama baca pertanyaan itu, aku langsung ngakak (maaf ya…)
Kayak apa aja, “Apa menulis itu penting,” mungkin janggal di teling kami kaum orang-orang jauh dari duni tulis menulis, janggal sekali. Tapi itu seribu kali lebih baik dibanding membahas macam main fitnah, bergosip ria. Sungguh amat bermanfaat, meski diskusi yang amat lucu.
Hampir seluruhnya menjawab penting dengan berbagai alasan. Lebih penting mana menulis atau shalat? Ketika kamu menulis ingat shalat gak? Ketika kamu shalat masih ingat hal apa yang sedang kamu bahas di cerpenmu kah?
Dan hampir seluruhnya pula menjawab penting dengan alasan agar dikenal Orang. Subhana Allah. Mungkin memang enak di kenal orang ya? Tapi alangkah lebih baiknya ketika kita dikenal dengan segala sifat tawadhu kita, akhlakul karimah yang di contohkan Rasuluallah. Sungguh amat Mulia Rasul di sisi Allah, Rasul di mata kita, karena Akhlak beliau yang sungguh amat terpuji, bukan karena dunia Tulis Menulis.
(Dan buatku dikenal orang bener-bener enggak enak! Wih.. kalian belum merasakan saja, betapa seluruh tingkah kita di kupas habis-habisan, belum lagi karena nila setitik rusak susu sebelanga!)
_Wa Allahu A’lam bi Shawwab_

Posted by
neksneen

More

Kaki-Kaki Kecil

-neks7779neen-
Siapa mereka? yang membuat dia begitu bersemangat menapaki dahsyatnya ketidak adilan!
Siapa mereka? yang membuat dia tersenyum cerah sepanjang penantian kebahagiannya!
Siapa sebenarnya mereka? yang membuat kaki lumpuhnya begitu luwes berlari mengangkasa!

Kaki-kaki kecil tersedu pelan, berceloteh apa saja tentang hakikat kesetiaan
Entah apa mimpinya, kecil mereka pasif tanpa kata, menantikan pelangi yang tak kunjung tiba!

Mereka biasa saja, tak ubahnya anak kecil yang ribut berebut mainan
Mereka biasa saja... tak ada yang Istimewa satu pun!

Sayangnya! kebanyakan cerita mengisahkan anak kecil polos, penuh tanya, selalu ingin tahu, ceriwis nian menimpali, sok dewasa, dan... segalanya penuh tawa anak-anak, tipikal anak cerdas lah!

Lalu, apa hubungannya?
Apakah kalian pernah menuliskannya? dalam kisah-kisah terbaik kalian? yang mentereng sekali entah menjadi terbaik seapa!

Pernah?

Mereka berbeda, takdhim, ikhlas, dan diam! tak ada pertanyaan, setiap dongeng-dongeng itu muncul. Tak ada! hanya diam, dan takdhim mendengarkan! dan sesekali lelet berpikir, mengulang apa dongeng itu...

Tapi, mereka mampu mengubah Emas menjadi seindah kupu-kupu dalam proses metamorfosa Kepompong. Mereka sungguh ikhlas, ikhlas nian, menampilkan yang terbaik.

Membuat dia yang tak pernah sekalipun orang perhitungkan ada, tenar seketika!

Menciptakan kaku-kaku tubuhnya menjadi seluwes penari lengger
Membuat dia yang tak pernah senyum, mengukir senyuman terbaiknya.
Mengubah segalanya... kalian harus tahu, dan sempatkanlah mengisahkannya...

*tObeContinued

Posted by
neksneen

More

Syi'ir

-neks7779neen-
Allahumma Shalli Ala Sayyidina Muhammad
Shalatu Allahi Ma Lakhat Kawaakib
Ala 'Hmad Khoiri Man Roqiban Najaaib

Iki Syi'ir Kanggo bocah lanang wadon
Nebehake tingkah laku ingkang awon
Sertha nerangake budhi kang prayogo
Kanggo Dalan Podo Mlbeu ing Suargo

Bocah iku wiwit Umur 7 tahun
Kudhu Ajar Tata Ben Ora Gaten
Kudhu Tresno Ring Ibune Kang Ngrumathi
Kawit Cilik marang bapak kang gemathi

Ibu Bapak Rawangane lmaon Ripet
Ajha kaya wong gemagus ingkang wangket
Lamon Ibu bapak prentah enggal tandhang
Ajha bantah ajha saghul aja mampang

Andhap ashar ing wong tuwo najan liyo
Tetep ana ajha kaya rajakaya
Gunem alus, alon, lirih ingkang terang
Ajha kasar ajha misuh kaya bujang

Ben wonng tuwo lungguh ngisor sira ajha
Pisan lungguh dhuwur kaya jamajuja
Ben wong tuwo sare ajha geger guyon
Lamon sira nuju maca kudhu alon

Lamon sira liwat ana ing ngarephe
Kudhu nuwun amit sertha dephe-dephe
Lamon Ibu bapak duka becik meneng
Ajha melu padhon uga ajha greneng

_Kyai Bishri Musthafa_Rembang_

Posted by
neksneen

More

Contoh Qiraah

-neks7779neen-
طبقات الأصدقاء
خذ قلما وورقة، وحاول أن تكتب اسماء أصدقائك جميعا أيها الشاب، ثم صنفهم أصنافا؛ تجد منهم من ليسوا أصدقاء على التحقيق. فمنهم رفيق تقابله كل يوم أمامك في السيارة، أو الحافلة، يحييك فتحييه. ومنهم رفيق العمل، فترى مكتبه بجانب مكتبك.
فإذا أردت الصفة التي تجمع خلال الخير، والعمل الذي يصلح الأعمال كلها، فاكتب اسماء أصدقائك وأصحابك، وانظر إلى كل واحد منهم: هل هو صالح في نفسه، أم هو غير صالح، وهل هو مخلص لصديقه، أم هو لا يهتم إلا بنفع نفسه. وهل هو مؤنس لجليسه، أم هو مزعج؟ فإذا فعلت ذلك، رأيت الأصدقاء أنواعا:
  • وجدت فيهم من هو صائم مصل له سمت المتقين، وزي الصالحين، ولكنه يتخذ ذلك سلما للدنيا وشبكة للمال، ووجدت حقيقته تكذب ظاهره، فإذا عاهدته خانك، وإن عاملته غشك.
  • ووجدت فيهم من يبدو أنه صادق المعاملة، أمين اليد، لكنه لا يصوم، ولا يصلي، وليس له من الدين إلا اسمه؛ فهو يفسد عليك دينك.
  • ووجدت فيهم من هو صالح متعبد، أمين صادق المعاملة، ولكنه صاحب شهوة، لا حديث له إلا عنها، فهو يؤذيك بإثارة الخامد من رغبتك.
  • ووجدت من هو صالح في نفسه، أمين في معاملته، لكنه لا ينفع صديقا، ولا يسعد صاحبا.
  • ووجدت من يخدم صديقه ويسره، لكنه لا يبالي في خدمته ومسرته أن يعطيه من دينه، فيخون من أجله أمانته؛ فيأخذ بيدك حتى يدخلك معه جهنم.
  • ووجدت من هو دين في نفسه، معين لصديقه، واقف عند حدود الله، لكنه يجهل طرائق المعاشرة.
  • ووجدت من هو أحمق، أو فاحش.
  • ووجدت من يصادقك لحسبك، أو منصبك، فهو يتخذك زينة ليومه، وعدة لغده، فأنت عنده حلية تجمل الجدار.
  • ووجدت فيهم من هو صالح في نفسه، أمين في معاملته، صادق في قوله، ينفع صديقه، ويسعد صاحبه، فاظفر به.
والخلاصة أن الأصحاب خمسة: فصاحب كالهواء لا يستغنى عنه. وصديق كالغذاء لا يعيش الإنسان إلا به، ولكن ربما ساء طعمه، أو صعب هضمه، وصاحب كالدواء مر كرية، لكن لا بد منه أحيانا، وصاحب كالخمر تلذ لشاربها، ولكنها تودي بصحته وشرفه. وصاحب كالبلاء.
أما الذي كالهواء فهو يفيدك في دينك، وينفعك في دنياك. وأما الذي هو كالغذاء، فهو الذي يفيدك في الدنيا والدين، لكنه يزعجك أحيانا بغلظته، وجفاء طبعه. وأما الذي هو كالدواء، فهو الذي تضطرك الحاجة إليه، وينالك النفع منه، ولا يرضيك دينه، ولا تسليك عشرته. وأما الذي هو كالخمر، فهو الذي يبلغك لذتك، وينيلك رغبتك، ولكن يفسد خلقك، ويهلك آخرتك. وأما الذي هو كالبلاء، فهو الذي لا ينفعك في دنيا ولادين، ولا يمتعك بعشرة، ولا حديث، ولكن لا بد لك من صحبته.
عليك أن تجعل الدين مقياسا، ورضا الله ميزانا، فمن كان يفيدك في دينك، فاستمسك به، إلا أن يكون ممن لا تقدر على عشرته. ومن كان لا يرضيك فاتركه، إلا أن تكون مضطرا إلى صحبته، فتكون هذه الصحبة ضرورة، بشرط ألا تجاوز في هذه الصحبة حد الضرورة. وأما الذي لا يضرك في دينك، ولا ينفعك في دنياك، ولكنه ظريف ممتع، فاقتصر منه على الاستمتاع بظرفه، على ألا تمنعك هذه الصحبة من الواجب، ولا تمشي بك إلى عبث، أو إثم.

Posted by
neksneen

More

Kangen Krapyak

-neks7779neen-
Kangen Krapyak. hehehe... Kangen Kuliah Juga... Ngepost geje deh...

Belajar Bahasa Arab emang terkesan ribbet... dari awal dulu ah, sambil mengingat-ngingat...

Aqsamul Kalimah
Huruf, Kata, dan Kalimat. Contoh Huruf : Alif, Ba, Ta : Contoh Kata : Madrasatun : Contoh Kalimah: Adzhabu Ilal Madrasah
Kalo di Bahasa Arab, Kata(Kalimah) dibedakan menjadi Tiga : Kalimah Isim (Kata Benda), Kalimah Fi'il (Kata Kerja), dan Kalimah Jar/Harf (Kata Tugas).

 Githu deh, Fungsinya hampir sama...

Posted by
neksneen

More

-neks7779neen-
Teringat katanya...

Special untuk semua yang menganggap remeh seorang guru, Kyai, Ustadz, atau istilah lain untuk sang pengajar.

Ceritaku tentang kecilku, sungguh lucu, tak ada bahasa Indonesia dikelas kami, tak ada! Tabu sekali rasanya berbicara dengan seorang guru dengan bahasa Indonesia, kami semua berbicara dengan bahasa Krama Inggil, bahkan dengan teman-teman kami, Saru! itu kata orang tua kami, berbicara tak sopan tak sesuai adat. Pun juga dengan Ayah dan Ibu, semua dengan bahasa Krama Inggil, halus, dan menghormati, atau dengan Orang Tua teman kami, Pakdhe-Paklik, semua orang yang lebih tua, kami berbicara dengan bahasa Krama Inggil. Halus,lembut, dan menghormati mereka.

Sebuah syi'ir saat aku masih ingusan di kelas TPQ, "Bekti Marang Wong Tuo nejan Liya, Tetep ono ojo koyo rajakaya" ... "Berbakti (menghormati) kepada orang tua, meski orang lain, harus! jangan seperti Rajakaya..."

Ya Allah, sampai kelas Enam MI, kami masih ta'dhim, hormat, dan Insya Allah jarang sekali berkata tidak, kotor ataupun yang lain, masih memegang tegug ajaran Ustadzah di kelas TPQ.

Memasuki SMP (hingga sekarang), Astaghfirullah jangan tanya, tak ada teman yang sudi memakai bahasa jawa Krama Inggil, pun juga dengan guru-gurunya, aneh sekali, memakai bahasa Jawa, Bahasa Nasional mulai kupraktekan, tak gagap! hanya perlu pembiasaan.

Jika dulu saat MI, bertemu dengan guru tertunduk menghormati, salaman cium tangan, lalu menyapa "Assalamu'alaikum.." sunggug berbeda, kita akan dibilang aneh jika menundukan badan tanda ta'dhim, Ucap salampun kadang tak dibalas, apalgi cium tangan macam anak TK, hanya akan ditertawakan.
****
Sial! Aku membaca postingan orang yang menjadi guru dengan cara yang berbeda, panjang! tentang keberatanyya dengan gelar haji, lalu menyinggung kearah KYAI HAJI! (Buat yang kenal aku, ini bukan tentang aku!). Intinya dia mengatakan jika tak akan memnaggil seseorang dengan sebutan KYAI HAJI atau Ustadz, panggil saja namanya, lalu menyebutkan beberapa argumennya tentang Ulama dan Ilmunya. Kesimpulannya, jangan pernah ada orang yang memanggil dengan sebutan KYAI HAJI atau Ustadz...

Apa yang dengan sebutan KH atau Ustadz?
Bukankah mereka tak ingin dipanggil demikian? bukankah mereka tak menyuruh dipanggil atau diberi gelar demikian?

Itu semua terjadi karena murni rasa ta'dhim seorang santri yang sempurna memahami betul arti guru.

mereka yag mengecam gelar KH, aku yakin belum pernah menyentuh Kitab Talim Mutaallim...

Padahal pertama kali belajar kitab TM, tentu saja belajar tentang menghormati guru, harus ta'dhim dan manut, semata mencari Ridho Allah melalui seorang guru, ngalap berkah bahasa kaum santri, agar ilmunya manfaat...

Dijelaskan, jelas sekali dalam bab pertama, sedikit menyitir isinya...
Adab yang tidak boleh dilakukan terhadap guru sebagai berikut :
Tidak berjalan di depan guru.
Tidak menduduki tempat yang di duduki seorang guru .
Tidak mendahului bicara di hadapan guru kecuali dengan izinnya.
Tidak bertanya dengan pertanyaan yang membosankan guru
Tidak mengganggu istirahat guru.
Tidak menyakiti hati guru.
Jangan duduk terlalu dekat dengan guru.

begitu dihormatinya guru dalam kitan tersebut... gak salah kan kalo di praktekin?

satu lagi petuah dalam kitab ini... adalah keharusan seorang santri untuk menghormati gurunya, begitu pula orang-orang yang mempunyai pertalian darah dengannya, seperti puteranya dan lain-lain. Khusus untuk menghormati guru, al-Jarnuji menyitir ucapan Sayidina Ali, “ana ‘abdu man ‘allamani harfan, in sya`a ba’a, wa in sya`a a’taqa wa in sya’a istaqarra” (Saya adalah hamba orang yang pernah mengajarkan satu huruf kepada saya, apabila ia mau boleh menjualku, memerdekakanku, atau tetap memperbudakku).

Wa Allahu Alam Bi shawaab

Posted by
neksneen

More

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

phionexzidka

Ittaqillaha haytsuma kunta...La taqul ful qabla an yashbaha fil makyul ...alwahdatu khoirun min jalisisuu' ...Kalah bukan lelah untuk berkarya!

Follow

Copyright © / Qsmart

Template by : Urangkurai / powered by :blogger